Selasa, 17 Maret 2009

DOCS Touring to Bayah Beach – Banten


oleh : Achyar. MS

Setelah beberapa tahun yang lalu DOCS melakukan beberapa kali Touring di seputar Pantai Laut Selatan diwilayah Propinsi Jawa Barat (Pelabuhan Ratu Beach dan Ujung Genteng Beach), maka pada 28-29 Maret 2009 ini DOCS kembali merencanakan touring ke Bayah Beach diwilayah Propinsi Banten dengan route tempuh sekitar 125 km dari Kota Sukabumi melalui Pantai Pelabuhan Ratu. Touring ini direncanakan akan diramaikan oleh sekitar 60 kendaraan Honda C-70 dan sejenisnya yang akan berangkat dari Kota Sukabumi 28 Maret 2009. Mereka adalah anggota DOCS Kota Sukabumi, Cisaat dan Cibadak. Sementara rekan mereka sekitar 20 anggota DOCS Pelabuhan Ratu (Kabupaten Sukabumi) akan menyambut dan segera bergabung saat rombongan sampai di Pelabuhan Ratu.

Pantai Bayah merupakan pantai yang sangat indah dan masih sangat alami. Pasirnya putih, airnya bersih dengan karang-karang disekitarnya.

BAYAH sendiri adalah nama kota kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten Selatan. Lokasinya sekitar 237 km dari kota Jakarta. Untuk menuju ke Bayah banyak jalan yang bisa dipilih, bisa lewat Rangkasbitung-Malingping dengan kondisi sebagian jalan bopeng-bopeng, atau bisa melalui Pandeglang-Malingping dengan jarak tempuh lebih jauh. Namun kondisi jalan antara Malingping-Bayah sudah beraspal hotmix dan mulus.

Karena Bayah adalah kota kecamatan di pantai selatan Banten, sebagian warganya bermata pencaharian nelayan. Mereka umumnya buruh nelayan, yang setiap hari mengandalkan hidup sehari-hari dari laut. Mereka naik perahu motor, berangkat sore hari, kembali pukul 08.00 pagi. Sebagian lagi menjadi penjual ikan keliling ke rumah-rumah.

Kebanyakan tipe pantai di bayah berupa karang dan pasir, jadi kita akan sering sekali menemukan nelayan yang sedang memancing dengan joran yang panjang-panjang sekali atau nelayan yang membawa jaring berbentuk lingkaran untuk menangkap lobster, sehingga bisa dibayangkan segarnya santapan dari hasil laut di sana.

Pantai-pantai di Bayah, masih alami, sepi, bersih dan tentunya “tidak terlalu komersial”. Jenis pantainya pun beragam, ada pantai dengan karang-karang yang kokoh, sehingga kita bisa berada di jauh dari bibir pantai dengan aman. Ada pantai dengan pasir putih yang kasar dan halus, jadi cocok buat anak-anak bermain. Ada juga pantai dengan perpaduan antara pasir dan karang, ini yang asyik dan menyenangkan karena kita bisa main pasir di pantai tanpa perlu basah-basahan. Nah, kita tinggal pilih jenis pantai seperti apa yang ingin kita jelajahi.

Untuk anda anggota DOCS yang masih suka berpetualang, perjalanan ke Bayah dari Pelabuhan Ratu apalagi menggunakan sepeda motor tua (Honda C-60, C-70 dan C-90) tentunya akan merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Medan yang berliku-liku dengan kontur jalan yang naik turun dan pemandangan indah diatas bukit karang dengan bibir pantai dibawah jurangnya. Namun demikian konsentrasi dan kehati-hatian sangat diperlukan mengingat cukup banyak jalan yang rusak akibat diguyur hujan beberapa bulan yang lalu.

Selamat bertualang, semoga kita diberikan keselamatan selama dalam perjalanan, sampai di tujuan dan kembali ke Sukabumi.

Jabat erat,
masyarr@yahoo.com

berikut foto-foto yang diambil di pantai Bayah-Banten :


2 komentar:

  1. wah pengen banget ikutan touring DOCS tapi tgl 28 kena jatah jaga data center... yah titip salam aja buat temen2 DOCS mas......

    salam
    Popeye the Pulsarman

    BalasHapus
  2. kacian banget, padahal 26 juga libur lho...
    Jadi 26 ke Sukabumi, nginep semalem, 28 jalan...
    Lokasinya bagus banget, nyesel kalo nggak ikut...

    BalasHapus